Rabu, 16 November 2016

Memaksimalkan Fungsi Smartphone dalam Kehidupan Sehari - hari Sebagai Blogger



Seiring perkembangan zaman dan perkembangan teknologi. kebutuhan mayarakat akan komunikasi dan akses informasi semakin berkembang.  Salah satunya smartphone, Smartphone sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup kita. Terkadang malah kita nggak bisa lepas dari benda yang satu ini, kemana pun dan kapan pun kita berada. Kita tidak bisa pergi tanpa membawa smartphone ini, right? Smartphone banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat. Dengan smartphone kita bisa  melakukan foto-foto, selfie, main game, dengerin musik, baca artikel, telpon, cek email dan notifikasi hingga posting apa pun di media sosial.

Dengan berkembangnya teknologi, smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi. Tetapi, dengan adanya smartphone mempermudah kita untuk memperoleh informasi. Kini kita dapat saling terhubung, bahkan dengan orang yang tidak kita kenal sekalipun. Smartphone kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Bahkan setiap masyarakat, memiliki benda yang satu ini. iya, dimulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua sekalipun kini sudah memiliki smartphone. Berbagai perusahaan produsen smartphone pun sekarang berlomba - lomba menyempurnakan teknologinya.

Sebagai pengguna smartphone kita harus smart dalam menggunakannya. Smartphone menjadi buruk jika kita menggunakannya tidak dengan bijak. Bahwa bukan teknologi yang mengendalikan manusia, tetapi manusia yang mengendalikan teknologi. Pada akhirnya, kita dapat menyimpulkan apakah smartphone membuat manusia lebih pintar atau tidak, itu tergantung pada kita, manusia dalam menggunakannya. Right? Banyak sekali keuntunggan menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa, smartphone tidak hanya sebagai alat untuk komunikasi, namun kita juga bisa menghasilkan uang dengan adanya smartphone ini. Kita dapat dengan mudah memperkenalkan dagangan kita maupun branding diri kita secara luas. Sangat disayangkan, ketika kita mempunyai smartphone tapi kita tidak bisa memaksimalkan fungsinya. Banyak sekali aplikasi yang ada pada smartphone untuk menunjang branding diri kita. Salah satunya instagram, path, snapchat, blog, website, dan lain sebagainya. Jujur saja, dengan berkembang smartphone mempermudah aku dalam akses informasi, komunikasi, dan branding diri aku.
Really love dengan quotenya 
Salah satu cara aku memaksimalkan fungsi smartphoneku adalah dengan blogging. Karena dengan blogging aku bisa membranding diri aku. selain itu, aku bisa berbagi pengalaman, inspirasi, berbagi pendapat serta manfaat kepada orang banyak. Bahwa, aku di sekelilingi oleh orang terdekat yang terkadang memiliki pendapat yang berbeda dengan aku. Melalui media blog aku bisa mengungkapkan pendapatku, bahwa diluaran sana banyak yang sependapat dan sepemikiran dengan aku. Selama hal itu positif aku akan menshare dan berbagi  inspirasi kepada orang banyak melaui blogku.

Mungkin aku salah satu orang yang tergolong terlambat mengenal blogging, aku mengetahuinya baru-baru ini. yap, sekitar tahun 2016. Bermula dari muka aku breakout karena aku berhenti dari sebuah klinik kecantikan,  pada saat itu membuat aku sering browsing. Banyak sekali pelajaran yang aku dapatkan ketika wajah aku breakout. Salah satunya aku bisa memaksimalkan fungsi smartphone aku dengan membaca artikel. Mampir blog orang adalah hal yang sering aku lakukan pada saat itu, sampai pada akhirnya bertemulah aku pada suatu forum bernama Female Daily. Disitu aku menemukan banyak orang yang ternyata mengalami hal yang serupa dengan aku. Tips - tips dan pengalaman orang di forum femaledaily sangat membantu aku dalam merawat wajah. Mulai dari situlah aku tertarik dengan dunia blogging, dan sampai akhirnya aku pun sekarang menjadi blogger.Pada saat itu aku merasa pasti orang membutuhkan pengalaman aku, karena hal ini pun yang terjadi pada aku saat itu yang membutukan pengalaman orang lain. Selain itu, aku jadi bisa memaksimalkan fungsi smartphoneku dengan memberikan energi positive, inspirasi, serta manfaat kepada orang banyak. Mungkin saja jika pada saat itu wajah aku tidak breakout, mungkin aku tidak tau blogging dan mungkin saja aku tidak seperti sekrang saat ini. Yap, aku hanya penikmat pembaca saja. Bahwa, allah menciptakan musibah dan masalah kepada umatnya, bukanlah tanpa sebab. Karena dengan adanya masalah dan musibah kita bisa menciptakan perubahan dan belajar dari pengalaman sehingga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
www.femaledaily.com
Selama menjadi blogger, aku harus pintar membagi waktu antara kuliah, me time, serta blogging. Sebenarnya sih mudah, namun terkadang malesnya sih yang engga nahan. Oleh karena itu, aku selalu menulis jadwal postingan di note yang sudah disediakan smartphone. Hal ini membuat aku supaya menjadi lebih konsisten. Aku memikirkan konten apa yang harus aku posting agar tulisan aku lebih terarah dan punya inti penting disetiap postingannya. Selain itu, dengan adanya note di smartphone mempermudah aku mencatat ide penting yang nantinya ide tersebuat akan aku tuangkan ke dalam tulisanku di blog. Aku juga tidak perlu menggunakan pulpen ataupun kertas untuk mencatat yang biasanya apabila hal ini dilakukan mengakibatkan tulisanku nantinya kalo salah di coret dan alhasil terkadang membuat aku binggung jika membacanya ulang.

Dengan adanya smartphone mempermudah aku menambah waswasan seperti baca artikel ataupun blogwalking. Salah satunya aku menjadi senang membaca postingan blognya Female Daily. Disini aku belajar membuat content yang berkualitas. Selain itu juga dengan adanya forum femaledaily aku menjadi update, aku menjadi tau product apa yang saat ini lagi happening. Aku bisa mendapatkan ilmu dan inspirasi dari mana saja, salah satunya dengan membaca artikel yang berkaitan dengan referensiku. Yap, salah satunya dengan membaca forum femaledaily. 

Pada dasarnya aku memang suka dan senang menulis, melalui media blog aku bisa menyalurkan bakat menulisku, aku suka dengan beauty product ataupun lifestyle. Suka share, karena apapun yang aku review siapa tau bisa menolong dan membantu orang lain juga. Walaupun ya mungkin dari 100 orang yang baca, yang terbantu cuma 1 sekalipun. Aku merasa itu sepadan dengan nilainya. So thankyou buat readersku, readers aku adalah keluargaku. Aku hanya share, dan aku merasa itu bukan hal yang besar atau bisa dibesar-besarkan. Tapi kalau kalian merasa yang aku tulis bisa membantu kamu, alhamdullilah. Tidak ada yang hebat tentang aku kecuali aku punya Allah yang hebat. Apa yang Allah letakkan di hatimu untuk kamu kerjakan kebaikan orang banyak, sekalipun apapun, aku merasa boleh aku kerjakan saja. You have no idea where god will lead you amazingly to. Tentunya, dengan adanya blog, mempermudah aku berbagi informasi , inspirasi, serta manfaat kepada orang banyak.

salah satu gambar flatlay product, untuk keperluan blog
Untuk menunjang blog, aku selalu menunjangnya dengan gambar yang berkualitas. Bahwa terkadang readers aku membutuhkan realnya, bukan hanya sekedar tulisan saja. Seperti halnya aku mereview beauty product. Ketika aku mereview lipstick, readers  aku membutuhkan swactnya dibibirku, ketika aku mereview skincare dan makeup pasti readersku membutuhkan before afternya. Yap, semua itu ditunjang dengan  gambar yang berkualitas. Dengan adanya gambar seseorang yang membaca akan mempercayai tulisan kita. Bahwa dengan gambar dan tulisan yang berkualitas, ternyata memiliki nilai jualnya. Nilai jual disini bukanlah yang harus dibayar dengan uang, namun kita bisa mendapatkan page view yang banyak. Tantangan aku selama menjadi blogger adalah aku harus update.  Yap, aku harus mengetahui apa yang lagi happening saat ini, karena dengan begitu akan banyak orang yang mencari dan membutuhkan informasi akan hal tersebut. Dengan begitu aku bisa membantu dan memberikan manfaat kepada readers aku. Aku bisa memberikan energy yang positive, inspirasi serta manfaat kepada readers aku melalui blog.

Sebagai blogger, penggaruh smartphone buat aku sanggatlah tinggi. Aku tidak bisa selalu online melaui laptop maupun computer. Aku juga temasuk orang yang malas untuk membawa kamera, ketika aku bisa menggambil gambar yang berkualitas dengan smartphone, why not(?) Aku termasuk orang yang hobi melakukan selfie. Entah untuk aku share melalui media sosial , keperluan blog, maupun hanya sekedar dijadikan gallery. Aku senang bercermin melalui kamera smartphone ataupun dengan melakukan selfie. Karena, dengan melakukan selfie aku bisa mengetahui kondisi kulit wajah aku, dan aku menikmatinya karena aku merasa berbeda jika aku hanya bercermin melalui kaca. Yap, karena aku bisa mengabadikan moment spesial tersebut, ya mungkin saja hal tersebut tidak terulang kembali. Oleh karena itu,  smartphone sangatlah penting untuk membantu aku dalam aspek kehidupan sehari-hari sebagai blogger maupun aspek kehidupan lainnya.

Untuk memaksimalkan smartphone dalam kehidupan sehari - hari sebagai blogger, aku membutuhkan smartphone dengan performance yang powerful serta kamera yang terang untuk mengabadikan foto dan video.  Tidak hanya itu saja, aku juga harus bisa make sure kalau smartphone yang aku pakai memiliki tampilan yang tajam dengan resolusi HD (High Definition).

Tepatnya pada tanggal 8 oktober 2016, aku diberikan kesempatan untuk menghadiri acara blogger workshop yang diadakan oleh Female Daily yang bertempat di annex building. Di event ini aku mendapatkan banyak sekali ilmu yang menunjang aku sebagai blogger. Di event ini aku dipertemukan langsung oleh blogger dan vlogger yang lagi happening saat ini. Yap, kita sharing is caring. Banyak sekali ilmu yang aku dapatkan dalam event ini, entah dari sesi talkshow maupun workshopnya.
Thankyou Female Daily for making me happy.
 Di gambar ini, aku menggunakan smartphoneku. Terlihat ya gambar yang dihasilkan masih gelap. memiliki smartphone Samsung Galaxy J5 dan J7 adalah jawabnnya !
Di event ini aku mengambil sesi workshop tentang “how to write amazing product review” dengan nara sumber ka anetta darandri, selaku editor senior Female Daily. Alasannya aku mengambil sesi workshop ini, karena aku sebagai pemula blogging tentang beauty product maupun lifestyle aku pengen banget mendapatkan ilmu yang to be honest dari pakarnya. iyap, disini aku belajar bagaimana menghasilkan tulisan review yang berkualitas. Selain itu, aku juga diajarkan bagaimana mengambil gambar yang berkualitas dengan memanfaatkan kamera yang ada. Karena, Untuk menunjang review pasti diperlukan gambar yang berkualitas. Selain ka anneta darandri ada juga sesi workshop yang lain dengan nara sumber yang sudah memumpuni di bidangnya masing - masing. Ada micheal cools, laila ahmad, dan google Indonesia. Namun , dari semua sesi workshopnya aku ingin mengikuti semuanya karena sama - sama berpengaruh dalam dunia blogging.

Hasil gambar beauty product menggunakan kamera smartphone
Ilmu yang diberikan ka anneta darandri sangatlah bermanfaat,  Sedikit demi sedikit ilmunya sangat membantu aku ketika aku sedang membuat content di blog. Selain itu di event ini, aku juga diperkenalkan oleh smartphone yang masa kini dan cangih, yaitu : smartphone Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 . Sebelumnya, Samsung memang mengeluarkan Samsung Galaxy J5 dan J7, kali ini Samsung mengeluarkan series yang berbeda dengan sebelumnya. Tentunya, mengalami beberapa perubahan, perubahan fitur serta spesifikasi  menjadi lebih canggih dibadingkan series yang sebelumnya. Yap, pada kesempatan event kali ini , Female Daily menjawab pertanyaan aku  yang selama ini tidak terjawab, yaitu smartphone yang membantu  aku dalam kehidupan sehari –hari dalam kehidupan blogger. Tentunya, pada saat itu aku langsung ingin memiliki Smartphone Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 ini. jika disuruh pilih yang mana, tentu keduanya adalah smartphone impian aku saat ini. 

www.samsung.com
Aku memang sudah mempercayai bahwa smartphone dari samsung ini memang canggih dan update. kenapa (?) karena,  sudah sejak salama aku menggunakan smartphone samsung ini, dan aku sudah membuktikannya sendiri. Namun, memang yang aku miliki sekarang belum secanggih dan sehebat smartphone Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 ini. Yap, masih dibawah dari series samsung Galaxy J5 dan J7 ini. karena aku merasakan beberapa keterbatas dengan smartphone yang aku miliki sekarang. salah satunya mulai dari hasil foto yang kurang terang, keterbatasan memory yang membuat aku tidak bisa install aplikasi edit foto maupun vidio, batterai yang terkadang cepet habis, serta jaringan smartphone yang masih 3G. Wajar saja, karena usia smartphone aku tergolong sudah tua. Namun, aku bersyukur bahwa aku bisa merasakan smartphone yang canggih yang bisa membantu aku dalam kehidupan sehari - hari aku sebagai blogger. Dengan smartphone dengan series dibawahnya saja, bisa membantu aku dalam kehidupan sehari-hari sebagai blogger, bagaimana jika aku memiliki smartphone Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 ini ya. Pasti bahagia rasanya! Apa sih yang membuat menarik perhatian aku dengan smartphone Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 ini, so let's review..

Hal apa aja sih yang menarik aku untuk memiliki smartphone dari Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 ini?
www.samsung.com
Pada Samsung Galaxy J5 2015 dan galaxy J7 2016 memiliki spesifikasi dan fitur hampir sama dan memiliki perbedaan di sektor layar, bobot, dimensi, Kapasitas RAM, Processor dan Kapasitas baterai. Samsung Galaxy J5 2015 dan galaxy J7 2016 merupakan ponsel Samsung yang pertama kali yang memiliki lampu flash pada kamera depannya yang beresolusi 5 megapiksel yang bagus sekali untuk berphoto selfie. Sedangkan kamera belakangnya beresolusi 13 megapiksel. 
www.samsung.com
Untuk para remaja atau kalangan masyarakat yang menyukai foto selfie, memiliki Smartphone ini adalah pilihan yang tepat. Terlebih untuk aku sebagai blogger, yang sering sekali memfoto beauty product. Aku termasuk orang yang tidak mau ribet, aku selalu mengandalkan smartphone aku untuk mengabadikan moment yang akan aku jadikan gallery. Karena smartphone travel friendly yang memudahkan aku untuk membawanya kemana saja. Yap, aku tidak perlu membawa banyak kamera, selain mudah aku juga tidak perlu mengeluarkan budget untuk menelan biaya yang cukup besar. Aku cukup mengandalkan smartphone dalam kehidupan sehari - hari aku sebagai blogger.
www.samsung.com
Samsung Galaxy J5 dan J7 ini,  kalian bisa menikmati pengalaman selfie yang seru dengan fitur selfie flash, selfie ditempat gelap bukan masalah lagi. Selain itu. Dengan memiliki smartphone ini jelas sudah dilengkapi Low Light Kamera. Kenapa? Karena,smartphone dari Samsung ini memiliki teknologi lensa 1.9 bikin foto di tempat gelap jadi jelas. tidak perlu lagi khawatir gambar burem ataupun menjadi pecah-pecah. dengan Samsung Galaxy J5 dan J7 ini kalian bisa mendapatkan gambar yang berkualitas seperti menggunakan kamera DSLR, so be a smart blogger, choose a smartphone yang bisa memaksimalkan segala aktivitas dalam kondisi apapun .
www.samsung.com
Perbedaan antara Galaxy J5 dan Galaxy J7 terletak pada sektor mesinnya yakni spesifikasi Samsung Galaxy J7 pada dapur pacunya dibekali prosesor Octa-Core SnapDragon 615 64-bit, luas layarnya 5,5 inci beresolusi 1280 x 720 piksel serta baterai berkapasitas 3.000 mAh. Sedangkan Galaxy J5 memiliki prosesor quad-core SnapDragon 410 berkecepatan 1,2 Ghz, luas layar sebesar 5 inci beresolusi 720p dan kapasitas baterai yang agak kecil yakni 2.600 mAh. Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 memilki 3 warna, yaitu : hitam, putih, dan gold. Sedangkan untuk Samsung Galaxy J5 2016 tersedia juga warna pink (rose) yang membuat penggunanya menjadi terlihat feminim dan elegant. Semua warna yang di sediakan oleh Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 Warnanya bagus – bagus dan netral, semua bisa di sesuaikan selera dengan si pemakainya.
www.samsung.com
Selain yang disebutkan di atas, spesifikasi lainnya dari kedua ponsel Samsung tersebut hampir sama seperti RAM 1,5GB, memori internal 16GB dan masih dapat diperluas dengan adanya slot microSD. Galaxy J5 dan Galaxy J7 sudah mendukung jaringan 4G LTE, Dual SIM serta berjalan pada sistem operasi Android terbaru yakni Android Lollipop 5.1.

www.samsung.com
www.samsung.com
Samsung Galaxy J5 dan J7 ini sudah memiliki fitur ultra data saving. kalian bisa, internetan sepuasnya tanpa takut kehabisan data! tentunya, anti lemot. Hemat data hingga 50 % dengan mengaktifkan fitur ultra data saving. bagaimana, hemat bukan (?)
www.samsung.com
Harga dari Samsung Galaxy J5 dibrandol dengan harga sekitar Rp 2.800.000,00 - 2.999.000,00 dan Samsung Galaxy J7 (2016) harganya adalah sekitar Rp 3.400.000,00 - 3.500.000,00. Harga bisa saja berubah, tergantung kamu membelinya dimana. Dengan kualitas yang canggih, harga smartphone tersebut cukup terjangkau bukan?
www.samsung.com
Psst, Apa aja sih persamaan dan perbedaan Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7ini? ada yang sudah mengetahuinya ?
Persamaan Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 adalah:
1. Kamera utama 13 MP yang autofocus dengan LED flash
2. Kamera sekunder 5 MP dengan LED flash
3. LTE
4. Dual SIM
5. Layar Super AMOLED
6. Resolusi layar 720 x 1280 pixels
7. RAM 2 GB
8. Memori internal 16 GB
9. Slot microSD
11. OS Android Marshmallow
12. FM radio dengan recording
13. Tersedia 4 warna pilihan (Rose Gold, Gold, White, Black)

Perbedaan Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 adalah:
1. Ukuran layar 5.2 inch vs 5.5 inch
2. Densitas layar 282 ppi vs 267 ppi
3. Prosesor quad core 1.2 GHz vs octa core 1.6 GHz
4. Baterai Li-Ion 3100 mAh vs Li-Ion 3300 MAh

So yaeh, dapat disimpulkan kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7ini? apa aja sih? 

Kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy J5 2016 :
1.    Mendukung 4G – LTE untuk akses internet super cepata saat ini
2. Layar 5.2″  dengan teknologi super AMOLED sangat responsive pada saat dioperasikan
3. Android sudah versi 6.0 Marsmallow
4.  Kapasitas penyimpanan internal 16 GB yang mampu menampung banyak sekali file dan data.
5.  Dapur pacu Snapdragon 410, Quad core dengan RAM 2 GB akan mampu menghasilkan kinerja yang sangat bertenaga
6. Kamera utama 13 MP lengkap dengan LED Flash dan Autofocus.
7.  Kamera depan 5 MP yang dilengkapi dengan LED Flash sangat cocok buat kamu yang hoby exis.
8.   Baterai kapasitas 3100 mAh yang mampu bertahan lama pada saat digunakan

Kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy J7 2016 :
1. Layar 5.5 inchi resolusi 1080 x 1920 piksel yang sangat nyaman untuk kegiatan sehari-hari seperti menonton video maupun bermain game
2. Menggunakan layar teknologi terbaik Super AMOLED
3. Mendukung kemampuan Dual-SIM stanby
4. Support jaringan 4G LTE
5.Menjalankan OS Android v6.0 Marsmallow
6.CPU Snapdragon 615 Octa Core 1.5 GHz yang dipadukan dengan RAM 3GB sehingga  performa yang dihasilkan akan lebih stabil dan pawerfull
7. Untuk ruang penyimpananya disediakan RAM 3GB & memori internal 16 GB dengan tambahan slot microSD 64 GB.
8. Kamera Utama Utama 13 MP lengkap dengan fitur autofocus dan LED flash yang mampu melakukan perekaman video HD 1080p@30fps
9. Kamera depan 5 MP + LED flash untuk berfoto selfie maupun vidio call
10. Baterai 3000 Mah yang cukup mumpuni untuk menunjang kinerja ponsel

www.samsung.com
Apa aja sih yang membedakan smartphone Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 dengan smartphone yang lain ?

1.Sudah memilki fitur Accerelometer pada smartphone berfungsi sebagai menetukan derajat kemiringan dari smartphone. Contohnya, pada smartphone posisi vertical dan horizontal berbeda tampilan
2. Hall Sensor sebagai pendeteksi apakah smartphone mengginakan flip cover yang menutupi layar atau tidak, sehingga apabila flip cover tertutup maka layar merubah ke mode S-view (lebih sederhana) dan dapat dilihat melalui jendela flip cover, dan full view apabila di buka
3. Proximity adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu objek tanpa  kontak fisik. Contoh dari proximity sensor salah satunya untuk mematikan layar secara otomatis pada saat menelpon. Misalkan smartphone didekatkan di telingga maka smartphone tersebut layarnya akan mati, otomatis hal ini bisa membuat pengehematan daya batterai
foto : copyright alsheila blog
Thankyou Female Daily, samsung, dan ka anneta darandri buat sharingnya. sharing is caring.
So yeah, Samsung J5 dan J7 adalah best smartphone yang tepat untuk membantu aku dalam kehidupan sehari-hari sebagai blogger. Tentunya, smartphone dari  Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 adalah smartphone impian aku. Untuk kalian blogger yang ingin selalu upadete, Samsung J5 dan J7 jawabannya! ga perlu lagi deh membawa kamera banyak-banyak. Kalian cukup membawa smartphone Samsung  Galaxy J5 dan J7,  Karena  bisa mengabadikan moment special kalian tanpa perlu takut pecah ataupun burem. Tentunya, hasil gambar yang di dapatkan tidak kalah dengan kamera DSLR. 

Cukup sekian sharing - sharing kita hari ini mengenai memaksimalkan fungsi smartphone dalam kehidupan sehari - hari sebagai blogger. Semoga cepat atau lambat kita bisa memiliki smartphone Samsung Galaxy J5 2016 dan Samsung Galaxy J7 iniamiin allahuma amiin !
Link: http://www.samsung.com/id/smartphone...5-2016-j510fn/ 

Artikel ini diikut sertakan dalam blog competition Female Daily X Samsung: Thread: Female Daily x Samsung : Blogger competition x Samsung Galaxy J Series

2 komentar:

  1. jadi ngiler, ringkes ya. kameranya sudah masuk kriteria aku hihi

    BalasHapus
  2. terimaksh sudah mampir. wah iyah ringkes ya, akupun ngiler sih

    BalasHapus