Minggu, 23 Oktober 2016

Akses Air Bersih di Indonesia Bersama LANEIGE REFILL ME CAMPAIGN 2016

Apakah anda tahu bahwa 1 dari 3 orang di Indonesia tidak memiliki akses mendapatkan air bersih? Dan 65% warga sumba timur hidup tanpa air bersih?


picture source by LANEIGE
Ketersediaan air bersih dan layak minum menjadi masalah yang kian serius saat ini. Sumber daya air bersih untuk minum yang seharusnya dapat dinikmati dengan mudah oleh masyarakat pada kenyataannya kini makin sulit ditemui. Meyakini bahwa air bersih merupakan kebutuhan yang paling pokok dan semua orang berhak menikmati air bersih untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Kesulitan akses ke sumber daya air dapat menimbulkan kepunahan. Karena itulah, tidak hanya dibutuhkan pendekatan sains dan teknologi untuk mendayagunakan sumber air, namun pendekatan budaya terkait perilaku manusia dalam menggunakan air bersih. Banyak sekali penyebab - penyebab yang terjadi apabila sulitnya mengakses air bersih.  Salah satu penyebab utama kematian balita di Indonesia, dua diantaranya yakni diare dan tipus, ditularkan melalui kotoran manusia (feses), dan terkait langsung dengan kurangnya air bersih dan isu isu kebersihan dan dengan Sulitnya akses untuk air bersih juga menyebabkan rumah tangga miskin, terutama perempuan dan anak-anak, menghabiskan banyak waktu untuk mengambil air. Bayangkan setiap harinya jika saudara kita yang berada di Sumba Timur membeli 1 liter air dengan harga di perkirakan sekitar 5000-1000k. seperti yang kita ketahui, semakin sulit  air untuk di temukan maka semakin mahallah harga dari sebuah air tersebut. Bayangkan saja, jika dalam keluarganya terdapat 5 anggota keluarga, berapa uang yang mereka habiskan dalam sehari untuk mendapatkan air bersih (?) Belum lagi kebutuhan sehari -hari seperti makan untuk menunjang kehidupannya. Jujur, jika hal ini terjadi pada saya, mungkin saya tidak bisa sehebat seperti yang saudara kita di Sumba Timur alami. Dengan kebutuhan pokok seperti makan saja, ibu saya bisa menghabiskan budget sekitar 150-300 sehari untuk 5 orang anggota keluarga. iyap, itu dengan menu makanan apa adanya. Dengan medapatkan air bersih saja, saya terkadang masih sempat menggeluh. TIDAK, bukan itu. Tetapi kenyataanya sumber air yang berada di Sumba timur ternyata hanya ada satu sumber mata air yang menggalir, air itulah yang memberikan tetes demi tetes harapan mereka. Jujur, saya semakin meningkatkan diri saya dengan  rasa bersyukur saya kepada Allah SWT.

picture source by LANEIGE
Tahukan kalian(?) bahwa Saudara kita yang berada di Sumba Timur, mereka diharuskan untuk berjalan lebih dari 4KM untuk mendapatkan 1 liter air. iyap, ribuan langkah mereka tempuh setiap harinya untuk mendapatkan air bersih. Realitanya ini bukanlah pilihan mereka, tidak berbuat apa adalah pilihan kita. Adik-adik kita juga putus sekolah karena mereka lebih memilih mencari air dibandingkan menuntut ilmu. seperti yang kita ketahui, ilmu sangatlah penting untuk mengubah masa depannya menjadi lebih cerah. Ilmu adalah senjata utama dalam memerangi kemiskinan, kesenjangan sosial, bahkan mampu mengubah dunia. Lalu bagaimana adik-adik kita bisa menggapai semua mimpi-mimpinya, jika setiap hari mereka harus di sibukkan dengan mengambil air dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Semoga adik -adik kita yang berada di Sumba Timur tidak putus asa dan tetap berjuang menggapai impiannya. Mari membangun masa depan yang penuh dengan kebahagiaan bersama mereka. saudara kita yang berada di Sumba  Timur saat ini sedang membutuhkan pertolongan kita. Sebaik–baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat kepada lingkungannya. Orang yang bermanfaat bagi orang lain termasuk golongan orang yang dicintai Allah SWT. Manusia hendaklah memberikan kemanfaatan kepada sesamanya baik berupa ilmu, materi atau harta.


Waterhouse Indonesia faoundation membawa visi untuk memberikan akses air bersih kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil. Sampai saat ini, Waterhouse Indonesia project telah membantu lebih dari 500 keluarga di desa napu, sumba timur untuk menikmati air.

Pada tahun 2015, waterhouse Indonesia foundation melalui waterhouse project telah membangun saluran air yang bekerja sama dengan dengan UNDP dan Koppesda.  Di tahun 2016, melalui penjualan tumblr ‘refill me’ dan rangkaian produk water bank, LANEIGE Indonesia membantu masyarakat sumba timur di tiga desa: desa Mbatuphu, desa Pambotanjara, dan desa Wunga untuk mendapatkan akses air bersih yang dapat meningkatkan taraf kesehatan dan kehidupan mereka


About LANEIGE

LANEIGE adalah merek kosmetik Korea Selatan yang dimiliki oleh Amore Pacific. LANEIGE diciptakan oleh Amore Pacific pada tahun 1994. LANEIGE berasal dari kata perancis yang berarti salju. LANEIGE sebagai sebuah produk yang berasal dari Korea Selatan ini rupanya sangat peduli dengan alam. Produk yang memiliki arti salju dalam kata perancis ini, baru saja menunjukkan kepeduliannya terhadap salah satu elemen terpenting dalam kehidupan yaitu air. Yap, Tahun ini, LANEIGE memulai kampanye 'Refill Me' yang mendorong orang untuk berperan dalam membuat dunia menjadi tempat yang bersih untuk kehidupan yang lebih berkilau dengan menebang pada pencemaran dari limbah plastik sekali pakai dan air minum dari 'Refill Me Botol' . Bagian dari hasil penjualan 'Refill Me Bottle' akan pergi ke arah mendukung proyek-proyek yang berkaitan dengan air minum, kesehatan dan sanitasi baik di Korea dan global. Bekerja sama dengan Waterhouse Indonesia Foundation, LANEIGE memulai Campaign Refill Me yang akan dimulai pada 1 Agustus 2016 sampai dengan 30 Oktober 2016. Setiap kalian membeli botol tumblr 'refill me' berarti sama saja kalian sudah membantu saudara kita yang berada di Sumba Timur. Nantinya, hasil donasi ini akan disumbangkan ke 900 saudara kita yang berada di Sumba Timur untuk mendapatkan air bersih.  Yuk, jadilah bagian dari perubahan dengan membantu saudara kita untuk mendapatkan air bersih dan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dengan bergabung pada LANEIGE ‘refill me” campaign

Campaign Refill Me ini yaitu menjual botol tumbler sebagai tempat minum, yang terdiri dari 3 elemen yang mewakili identitas LANEIGE yaitu 'Vital Power of Water', 'Luminous', dan 'Youthful Spirit'. Gambar ini saya ambil ketika saya pergi ke Sogo Pondok Indah Mall (PIM2) untuk membeli dan ikut membantu saudara saya yang berada di Sumba Timur.
LANEIGE Refill Me Bottle ini memiliki ilustrasi  yang berbeda -beda di setiap botolnya

Luminous Life
ilustrasi ini menggambarkan cahaya dan kilauan air  dan merupakan representasi dari keyakinan dan visi LANEIGE untuk membuat hidup lebih cantik dan lebih mengembirakan

Youthful Spirit
Botol tumblr ini terinpirasi dari energi yang diberikan oleh air yang berperan penting untuk menjaga lingkungan agar tetep bersih. Aliran air yang selalu berubah -ubah digambarkan melalui ilustrasi garis yang berbeda bentuk

Vital Power of Water
ilustrasi dari botol tumblr 'refill me' ini adalah air yang menjadi kunci utama kehidupan dan memiliki peran penting untuk kulit yang bersih dan cerah. Kehebatan air yang dapat menyehatkan kulit digambarkan melalui ilustrasi rumput dan pohon yang hijau

Untuk mendukung campaign Refill Me ini, terdapat Bid for Good campaign, dimana kalian bisa mendapatkan tiga botol eksklusif yang ditanda tangani oleh LAINEGE ambassador dan sebagai wajah dalam Refill Me campaign, Lee Sung Kyung. Syarat dan ketentuan untuk mengikutinya cukup mudah yaitu hanya dengan kelipatan bidding Rp 10.000, dan bidding dimulai dari Rp 100.000, bidding dengan nilai tertinggilah yang akan mendapatkannya. Namun, di setiap botol tumblr LANEIGE refill me cuman ada 1 orang yang menadapatkannya. Pastikan kalian yang memenangkan untuk mendapatkan botol eklusif ini ya...
picture source by LANEIGE
Picture source by LANEIGE
Iyap, untuk mendapatkan tanda tangan seperti gambar diatas dilakukan bidding. Nantinya yang memenangkan bidding tertinggilah yang akan memenangkannya. Saya sangat senang sekali melihat antusiasme masyarakat untuk ikut berpatisipasi membantu saudara kita yang berada di Sumba Timur. Ternyata bidding tertinggi mencapai 1,5 juta (sewaktu-waktu bisa saja berubah, karena melakukan biddingnya masih berjalan). Good luck bagi yang ikut berpatisipasi melakukan biddingnya ya. Rasanya saya juga ingin sekali melakukan untuk ikut berpatsisipasi melakukan bidding agar saya bisa membantu saudara saya yang berada di Sumba Timur, selain itupun saya juga ingin bisa mendapatkan botol tumblr LANEIGE refiil me ini karena ini unlimited edition. Dan setiap botol tumblr LANEIGE refill me hanya ada satu di setiap botolnya yang sudah di tanda tanggani oleh ambasadornya yaitu Lee Sung Kyung. Beruntung sekali untuk yang mendapatkannya. Semoga selain mendapatkan botol LANEIGE refill me eklusif ini kalian juga diberikan pahala, yang ikut berpatisipasi juga diberikan rezeki yang di limpahkan oleh ALLAH SWT, amiiin. iyap, saya tidak bisa ikut berpatisipasi melakukan bidding tersebut, karena lagi-lagi saya ada kendala dengan budget yang ada. mohon dipahami, karena saya seorang mahasiswa yang belum berpenghasilan. Saya menjadi ingat apa yang dikatakan oleh orang tua saya waktu itu " bahwa hidup tidak selalu berada diatas, ada kalanya kita berada dibawah. Bantulah sesama apa yang kamu bisa berikan. Tidaklah harus dilihat berapa besar kamu memberi tetapi dilihat dari seberapa ikhlas dan tuluskah kamu memberi"

Tepatnya tanggal 20 oktober 2016 saya pergi ke Pondok Indah Mall II ( PIM 2 ) untuk ikut berpatisipasi membantu saudara saya di sumba timur. Untuk membawa pulang botol tumblr LANEIGE refill me ini, saya hanya membayar 100k dan 50k nya akan disumbangkan sepenuhnya untuk saudara kita di Sumba Timur untuk mendapatkan akses air bersih. Selain di Pondok Indah Mall II ( PIM 2 ),  botol tumblr LANEIGE refill me juga tersedia di SEIBU Grand Indonesia, Central Grand Indonesia, Sogo Kelapa Gading, Sogo Sun Plaza Medan, Sogo Paris Van Java, dan Sogo Tunjangan Plaza Surabaya

Selain membeli LANEIGE refill me kalian bisa membeli LANEIGE water bank series untuk membantu saudara kita di Sumba Timur. Nanti, sebagiannya akan di donasikan untuk membangun sarana air bersih di desa - desa Sumba Timur. Let's donate for a good cause.
finally! pilihanku jatuh pada botol minum ini 
Awal pertama liat botol LANEIGE refill me ini rasanya ingin membawa pulang semuanya karena lucu dan girly sekali. Ternyata bukan di gambarnya aja ini bagus, tetapi realnya ini lebih bagus dari apa yang saya hanya liat lewat gambar. Yap, saya sangat menyukai botol LANEIGE tumbr ini. Masing - masing tumbler LANEIGE "Refill Me" ini memiliki kapasitas sebesar 500 ml. Tetapi, pada saat itu saya hanya bisa membawa pulang 1 buah botol minum LANEIGE refill me ini. Saya memilih untuk membawa pulang botol tumblr Vital Power Water ini, karena menurut saya botol LANEIGE ini ilustrasinya sesuai dengan kepribadian saya. Yap, air yang bersih menjadi kunci utama memiliki kulit yang sehat dan fresh.  Selain itu, selama saya berada di konter LANEIGE yang berada di Sogo Pondok Indah Mall II ( PIM 2) saya juga mencoba tester yang sudah di sediakan LANEIGE. Selain saya terfokuskan dengan botol tumblr LANEIGE refill me, saya juga terfokuskan dengan  highlighter caoushinnya. Packaggingnya elegant, girly dan travel friendly sekali.  Saat saya coba finishingnya bagus sekali. apalagi keadaan kulit saya saat ini dry. Jadi, ini bisa diandalkan untuk mendapatkan kulit yang glowing dan sehat secara instan. Lagi-lagi pada saat itu saya tidak membelinya karena kendala budget yang ada. Tapi setidaknya dengan saya bisa membawa pulang 1 buah botol minum ini, saya bisa ikut menyumbangkan dan ikut membantu saudara kita yang berada di Sumba Timur. Walaupun saya juga ada kendala dengan budget pada saat itu, namun saya yakin saudara saya di Sumba timur sangatlah membutuhkannya dari pada saya. Apakah kalian sudah ikut berpartisipasi membantu Saudara kita di Sumba timur (?) mari, kita ciptakan perubahan kepada mereka untuk mendapatkan hidup yang lebih baik lagi. Jika kita ingin perubahan, kitalah yang harus menciptakan perubahan.Dengan bersedekah untuk membantu saudara kita di Sumba Timur tidak akan membuat kalian miskin, justru akan mendatangkan rezeki kepada kalian. ALLAH swt akan mendatangkan rezeki yang berlimpah kepada umatnya yang memberikan pertolongan terhadap sesamanya. Bayangkan kemungkinan yang terjadi jika makin banyak orang yang ingin menolong sesama yang sedang kesulitan dan membutuhkan pertolongan kita. Saya yakin, hidup akan terasa menjadi damai,tentram, dan bahagia. 


Saya senang sekali LANEIGE yang bekerja sama dengan waterhouse project mengadakan acara sosial seperti ini. Bahwa dengan melakukan misi sosial seperti ini bisa menularkan kebaikan dan kebahagiaan terhadap sesama, seperti sebuah kerikil yang dilempar ke kolam. Hanya butuh satu orang untuk menciptakan riak kebahagiaan. Berbagi dan menolong itu gampang menular, satu orang positif akan menularkan kebahagian kepada lebih dari 1000 orang. Artinya untuk menciptakan perubahan ini hanya dibutuhkan satu orang. Saat kita menularkan kebahagian dan berbagi kepada sesama, justru kita akan lebih merasa bahagia. Iyah, hati kita juga akan terasa damai dan tentram. Mari berbagi dan membantu sesama  kepada saudara kita yang berada di Sumba Timur untuk mendapatkan akses air bersih. Jadilah salah satu orang yang termasuk yang membuat perubahan pada hidup saudara kita yang berada di Sumba timur agar bisa mendapat akses air bersih. Setidaknya, dengan acara seperti ini masyarakat ikut bergerak hatinya untuk membantu saudara kita yang berada di Sumba Timur. Saya yakin pasti banyak yang ingin ikut berpatisipasi untuk membantu tetapi terkadang seseorang binggung bagaimana cara menolongnya. Dengan LANEIGE refill me dan waterhouse project masyarakat jadi mudah bagaimana cara membantu saudara kita yang berada di Sumba Timur, termasuk saya. Mereka adalah saudara kita, adik - adik kita yang saat ini membutuhkan pertolongan kita.

picture source by @waterhouse_project
Jujur saja, ketika saya melihat gambar ini sedih dan miris rasanya melihat adik - adik saya yang berada di Sumba Timur. Mereka kehilangan masa - masa indahnya. Mereka tidak bisa merasakan seperti bagaimana anak-anak lain seumurannya merasakan indahnya saat seumuran mereka. Iya, seharusnya seumurannya tidak ada beban dalam hidupnya, di usia adik saya di Sumba timur ini seharusnya waktunya digunakan dengan bermain dan belajar. Namun realitanya, adik-adik saya yang berada di Sumba Timur harus membanting tulang dengan menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan air padahal adik-adik saya belumlah harus melakukan hal itu. Saudara dan adik saya yang berada di Sumba Timur hebat dan tangguh sekali, saya bangga sekali pada mereka semua. Saya tidak bisa bayangkan apabila hal ini terjadi pada diri saya, apakah saya masih bisa setangguh dan sehebat yang saudara dan adik saya di Sumba Timur alami. Namun apalah daya ini bukanlah pilihan mereka, tetapi ALLAH lah yang berkehendak. Saya yakin, ALLAH tidak akan memberikan masalah dibatas kapasitas kemampuan umatnya. Mereka kehilangan pendidikannya tapi mereka masih tetap bisa tangguh dan tersenyum seperti sekarang. Ingin sekali bisa melihat dan membantu saudara saya yang berada di Sumba Timur secara langsung. Mungkin saya tidak bisa membantu mereka berupa materi, adakalanya kemanfaatan yang diperlukan seseorang bukan lagi masalah materi, tetapi ia butuh teman atau orang yang mau memperhatikannya. Disini saya ingin sekali meluangkan waktu saya sejenak untuk berbagi kebahagiaan, keceriaan kepada saudara saya yang berada di Sumba Timur untuk meghilangkan sejenak beban masalah yang mereka alami. Mungkin hanya itu yang dapat saya berikan nanti jika saya diberikan kesempatan untuk bisa membantu saudara saya yang berada di sana. Mungkin ini hal yang kecil, tapi saya yakin saudara saya disana butuh akan perhatian. Dengan saya di beri kesempatan ini saya bisa berbagi pengalaman serta inspirasi kepada teman-teman saya, membuat hidup saya bermakna bagi diri sendiri dan lingkungan, dan yang terpenting saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan meningkatkan diri saya kepada ALLAH dengan bersyukur. Saya yakin, Semakin kita memberikan manfaat kepada sesama dan lingkungan kita, maka semakin tinggi tingkat kemanfaatannya bagi orang lain. Semakin tinggi kemanfaatan seseorang kepada orang lain, maka ia semakin tinggi posisinya sebagai manusia menuju "manusia terbaik". semoga kita termasuk kedalamnya ya, amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar