Rabu, 07 Desember 2016

Kisahku Mengembalikan Rasa kepercayaan Pada Diriku


Apakah Penampilan Akan Memberikan Efek Langsung Akan Kepercayaan Diri?
Menurutku penampilan sangatlah penting bagiku, karena ini salah satu cara untuk meningkatkan rasa kepercayaan pada diriku. Aku merasa percaya diri jika aku memiliki penampilan prima. Karena menurutku kalo outernya engga di jaga orang akan memandang aku tidak baik. Selain itu, jika kita memiliki tampilan yang prima dengan rajin menjaga kesehatan kulit  menurutku itu akan menggambarkan kepribadiaan orang tersebut. Bayangkan, jika kita baru mengenal orang atau berteman jika orang tersebut tidak menjaga tampilannya. Secara tidak langsung pasti kita akan memandang atau menggangap dia jorok ataupun tidak memperhatikan tampilannya. Otomatis kita menjadi malu berteman dengan mereka. Karena, memang  biasanya dari mata akan turun ke hati. Memang benar seseorang jika menilai seseorang lain dari penampilannya dulu. Karena penampilan menjadi pusat perhatian bagi mata yang memandang, dari sini jugalah yang akan menjadi kepercayaan bagi diri kita sendiri. Bagi sebagian orang banyak yang bilang, bahwa kecantikan seseorang itu dilihat dari inner beauty. Tapi bagaimanapun juga kalo outernya engga dijaga orang pasti tidak akan melihat. Seperti halnya buku, jangan melihat buku dari covernya, tetapi yang terlihat terlebih dahulu covernya.

Aku tidak selalu merasa percaya diri. Adakalanya up and down. Terkadang, yang membuat aku tidak percaya diri ketika seseorang berkomentar tentang kesehatan kulitku. Adakalanya wajah aku bruntusan dan kering, banyak diantara orang terdekatku berkomentar yang tanpa di sadari membuat aku tidak percaya diri. Menurutku memiliki penampilan yang prima sangatlah penting bagiku. oleh karena itu aku selalu merawat serta menjaga kesehatan kulitku sejak dini.  Aku merawat kesehatan kulit aku bukan semata-mata ingin terlihat cantik, melainkan untuk diri aku sendiri. Bahwa, merawat dan menjaga kulitku bukan dalam rangka tebar pesona melainkan meningkatkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri bagi aku adalah salah satu kunci penting dalam hidupku, terutama ketika aku harus mengambil keputusan diantara pilihan-pilihan yang sulit. Bagiku, penampilan yang prima dengan memiliki kulit yang terawat kesehatannya dengan baik sama pentingnya untuk meningkatkan rasa percaya diriku dan juga meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap diriku. Karena, setiap perempuan pasti memiliki perjalanan dalam mencari dan menemukan kepercayaan diri. Sementara sebagian wanita tampak percaya diri setiap saat, ada juga beberapa yang tidak dan sulit untuk mengembangkan. Padahal kepercayaan diri akan memberikan dampak pada kemampuan kita untuk menikmati hidup. Ketika aku nyaman pada diri aku, pekerjaan apapun akan terasa nyaman untuk dijalani. Bagiku dengan penampilan, aku merasa percaya diri ketika aku bisa mengapresiasikan diriku sendiri.

Dulu memang aku merasa tidak percaya diri pada diriku sendiri.  Pada saat itu, aku merasa aku tidak bisa apa-apa. Aku merasa pada saat itu hidupku tidak berarti bagi diriku sendiri. Sehingga akhirnya membuat aku tidak bisa menikmati hidupku sendiri. Disaat itulah, aku selalu mencari  passion agar bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri bagiku. Karena, dengan aku bisa menemukan passion yang kusukai secara tidak langsung pasti bisa membangkitkan rasa kepercayaan bagi diriku

Aku suka membaca artikel blog orang.  Karena, ini juga salah satu aku meningkatkan kepercayaan diriku dengan meningkatkan rasa bersyukurku. Setiap aku membacanya aku selalu tersentuh, karena mereka tidak malu menceritakan cerita pahit tentang dirinya, padahal tulisan mereka bisa di baca kepada semua orang. Justru, dengan tulisannya membuat aku terinpirasi setelah membacanya. Dari situlah aku mencoba blogging sekalian menyalurkan bakat menulisku. Ternyata, siapa sangka lewat blogging aku bisa meningkatkan rasa kepercayaan diriku. Rasanya kepercayaan diriku muncul kembali.

Aku tidak melulu memiliki wajah sehat, adakalanya wajah aku breakout. Terkadang, disini yang membuat kepercayaan diri aku down atau menurun. Tapi, pada saat kenal blogging aku bisa meningkatkan kepercayaan diriku kembali. Kok bisa(?) terkadang tulisan akan selalu dibandingkan dengan perbuatan. Apakah yang dikatakan sama dengan yang dikerjakan. Yap, dengan tulisan bisa menjadi tolak ukur untuk aku. ketika aku down aku selalu mengingat akan tulisan yang pernah aku tulis. Karena, bagaimana pun juga apa yang kita tulis atau ucapkan pasti akan berpengaruh terhadap kepribadiaan seseorang.  Aku mengiginkan apa yang aku tulis di blogku menggambarkan kepribadiaan aku. Jika tulisanku bisa memberikan manfaat serta inpirasi kepada orang lain ternyata dengan tulisanku aku bisa meningkatkan kepercayaan diriku. Ketika aku merasa tidak percaya diri aku selalu teringat apa yang pernah aku tulis di blog aku. hal inilah yang membuatku menjadi percaya diri.

Lalu bagaimana kepercayaan diri mencapai impian ? 

Sebelum memutuskan menjadi seorang blogger, akupun ragu dengan menyalurkan bakat menulisku. Aku merasa tidak percaya diri dalam memulai sesuatu, mulai mempublikasikan tulisan, menceritakan pengalaman yang terkadang pahit, menshare kemedia sosial aku, dan takut tulisan tidak nyambung, serta tidak bermanfaat.  Namun, ketika rasa takut itu selalu muncul dalam diri aku, kapanpun aku pasti tidak akan pernah memulainya. Oleh karena itu, Jangan pernah berbicara dalam hati kalian dengan menggurungkan niat dengan mengajukan alasan pada diri kalian. Seperti “ saya tidak mampu, saya tidak bisa, saya takut, apakah tulisan saya bakal dibaca, apakah nanti bermanfaat, apa yang saya lakuan ini baik, dll”. Di dalam memulai sesuatu di perlukan untuk membangun keprcayaan diri jangan sesekali kalian membuat alasan yang belum pernah kalian kerjakan dan rasakan. Hal itu mungkin sangat menyenangkan, mungkin itu passion kalian, atau mungkin saja bisa mententramkan dan membuat hati nyaman. Tetapi, dengan adanya alasan tersebut hanya akan menghambat kalian untuk melakukan sesuatu. Jika kalian ingin melakukan sesuatu maka yang diperlukan adalah tindakan. lkuti, hati atau keinginan yang kalian ingin lakukan dan tidaklah perlu kalian berfikir negatif sebelum kalian bertindak. Toh, kalian sendiri kan belum tau hasilnya. Jika apa yang kita lakukan berhasil atau tidak itu akan menjadi pengalaman berharga untuk kita. jika berhasil memang salah satu hal yang sangat menyenangkan bagi kita. Namun, jika gagal itu akan menjadi pengalaman berharga untuk kita sendiri. Sebaik-baiknya guru adalah pengalaman. intinya, jika kalian ingin mengatahui apakah kalian bisa atau tidaknya kalian harus mencobanya. Jangan sampai kalian menyesal di kemudian harinya.

Kita perlu membangun pemikiran positif tentang apa yang ingin kita lakukan. Hal positif harus bisa mengawali niat yang ingin kita lakukan. Tidak perlu takut gagal, dipandang negative, tidak percaya diri atas kemampuan kita, atau hal yang menyeramkan mengenai kegagalan. Kita bisa loh mengambil contoh dari orang sekitar kita, pasti banyak diantara kita takut sebelum berperang. Ketakutan dan kekhawatiran akan kegagalan telah menghalangi begitu banyak orang untuk mencoba sehingga mereka mundur sebelum mencoba. Sebagian orang benar-benar tidak pernah mencoba sesuatu pun sebab rasa takut menghalagi pikiran. Mereka memikirkan kegagalan setiap harinya, sehingga mereka tidak pernah sungguh-sungguh melakukan sesuatu. Finally, mereka menjadi penuh keraguan yang membuatnya diri mereka tidak percaya diri.

Allah menciptakan masalah atau kegagalan bukanlah tanpa sebab. Melainkan agar manusia bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari kegagalan tersebut. Jika kamu terjatuh maka bangunlah. Terkadang dengan adanya  kegagalan kita menjadi mengatahui apa yang kurang dalam diri kita, dari kegagalan tersebut yang seharusnya menjadi motivasi untuk diri kita untuk meperbaikinya. Tentu, jika tidak ada kegagalan pasti kita tidak akan tau apa yang kurang dalam diri kita. Jangan jadikan kelemahan dan pikiran negativemu sebagai penghalang dalam mencapai sebuah tujuan. Kita bisa mengambil contoh dari orang yang sukses kok, bahwa untuk mencapai keberhasilan mereka juga pernah mengalami kegagalan dan  penuh akan perjuangan. Mereka balajar dari kegagalan tersebut sehingga mereka bisa berhasil. jika kamu melihatnya hidup mereka penuh dengan kegembiraan, karena kamu hanya melihat hasilnya kamu tidak melihat prosesnya.

Untuk melakukan sesuatu hal mulailah berfikir positive mengawalinya dengan optimis, dan perasaan kalau kita bisa melakukannya. Lebih baik gagal tetapi kita bisa meperbaiki, dari pada takut gagal tapi tidak melaukan apapun. Semua itu pilihan kalian, apa yang kalian inginkan. Semua itu berawal pada rasa kepercayaan diri dan berfikir positif. 

Seseorang bisa saja memotivasi diri kita untuk bisa merasa percaya diri. Seberapa banyak yang memotivasi agar kita meningkatkan rasa kepercayaan diri terhadap diri kita, tetap yang lebih hebat adalah kepercayaan diri yang muncul dari diri kita sendiri. orang lain bisa saja membantu memotivasi untuk kita percaya diri, namun terkadang kalau bukan diri yang memotivasi sendiri pasti bisa saja down. Karena, jika ada yang mengalami kegagalan yang terulang kembali, mungkin saja rasa kepercayaan diri kita menurun lagi dan orang lain pun pasti tidak akan selalu mengingatkan kita. Tapi kalo, diri kita sendiri yang memotivasi bagaimanapun keadaanya kita pasti akan merasa percaya diri.

Bagaimana sih menghilangkan rasa ketidak kepercayaan diri ?

Kepercayaan diri bisa muncul dari mana saja. Mulailah mencari apa yang kamu sukai. Terkadang hal itu, yang membuat kepercayaan diri kita kembali lagi. Melupakan segala kekurangan kita, tapi kita tetap bertindak untuk membangkitkan rasa kepercayaan diri. Kepercayaan diri sama halnya kebahagiaan, Karena keduanya sama-sama sebuah keputusan. Begitu banyak hal yang membuat kita percaya diri, tapi kalau mau dicari hal untuk membuat tidak percaya diri juga banyak. Begitu banyak orang yang punya segalanya tapi tidak percaya diri. Juga banyak yang engga punya apa–apa tapi merasa percaya diri. Yang membedakannya adalah sikapnya. Kepercayaan diri juga pegang peranan besar untuk bahagia. Semakin sulit keadaanya, semakin besar keikhlasan yang di butuhkan. Kepercayaan diri adalah sebuah keputusan

Kita akan merasa percaya diri ketika kita nyaman pada diri kita. Ketika kita merasa percaya diri berarti kita sudah bersyukur. Ketika kita sudah  bersyukur pasti kita akan merasa kebahagiaan. Karena, ketika kita sudah bersyukur dan merasa percaya diri, maka kita akan bahagia, dan saat kita bahagia, kita akan memiliki energy untuk membahagiakan orang-orang tercinta dan membagi kebahagiaan kepada sesama. Nah, disaat inilah kepercayaan diri akan memberikan dampak pada kemampuan kita untuk menikmati hidup.

Jangan pernah merasa kepercayaan dirimu menjadi menurun karena orang lain katakan tentangmu yang menentukan siapa dirimu, melainkan apa yang kamu ketahui tentang dirimulah yang mempengaruhi pikiranmu, perasaanmu, prilakulah menentukan arah hidupmu. Terkadang seseorang hanya melihat seseorang hanya dari outer saja. Mereka melihat ketika wajah kita penuh dengan jerawat, mereka menjadi memandang bahwa kita tidak menjaga penampilan kita. Terkadang memang seseorang hanya bisa melihat sisi luarnya saja, mereka tidak mengetahui bahwa kita sudah susah payah merawatnya. Intinya sih kamu harus percaya diri atas kekurangan yang kamu miliki. Toh, didunia ini tidak ada yang sempurna selain allah. jika kamu merasa kamu tidak sempurna berarti kamu kurang bersyukur. Karena, biasanya kalau bersyukur hati tidaklah banyak menggeluh. Cobalah sesekali lihat kebawah untuk lebih bersyukur, dan melihat keatas untuk memotivasi dirimu.
Bagaimana sih cara mengetahui tingkat rasa kepercayaan diri yang kita miliki? 

Pada dasarnya, akupun tidak mengetahui seberapa besar tingkat rasa kepercayaan diri yang aku miliki. Namun, dengan adanya quiz yang diadakan oleh Loreal Profesional dan Ihblogger aku menjadi mengetahui seberapai besar tingkat rasa kepercayaan diriku. Ini hasil tingkat rasa kepercayaan diri yang aku miliki.

Ini adalah tingkat rasa kepercayaan diriku, kalian juga bisa kok mengetahui seberapa besar tingkat rasa kepercayaan diri kalian. Yap, kalian bisa mengikuti quiz yang diadakan Loreal Profesional dan Ih blogger. Ini linknya www.serioxyl-confidence.com

“post ini diikutsertakan dalam Blog Competition Serioxyl X IHB“. Klik link ini untuk informasi lebih lengkapnya www.indonesian-hijabblogger.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar